Sabtu, 14 November 2015

Contoh Karangan ilmiah : Narkoba




NARKOBA


Bab I
Pendahuluan
1.1                Latar Belakang
Salah satu masalah pokok yang dihadapi bangsa Indonesia adalah masalah narkoba. Bahaya narkoba atau narkotika telah diketahui secara luas. Namun masih saja banyak orang yang menikmati barang haram tersebut. Oleh karenanya, masalah narkoba yang dihadapi dari tahun ke tahun semakin bertambah serius.
Di Indonesia, pecandu narkoba ini perkembangannya semakin pesat. Para pecandu narkoba umumnya berusia antara 11 – 24 tahun, artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar. Pada awalnya, pelajar yang mengkonsumsi narkoba biasanya diawali dengan merokok. Kebiasaan merokok telah menjadi budaya diberbagai bangsa di belahan dunia. Latar belakang merokok beraneka ragam, di kalangan remaja dan dewasa pria adalah faktor gengsi dan agar disebut jagoan, malahan ada salah satu pepatah menarik yang digunakan sebagai pembenaran atas kebiasaan merokok yaitu `ada ayam jago diatas genteng, engga merokok engga ganteng`. Sedangkan kalangan orang tua, stres dan karena ketagihan adalah faktor penyebab keinginan untuk merokok.
            Dari kebiasaan inilah, pergaulan terus melebar ke dalam lingkungan orang-orang yang sudah menjadi pecandu narkoba. Awalnya memang hanya mencoba kemudian mengalami ketergantungan. Tidak diragukan lagi, bahwa kelemahan iman kepada Allah SWT yang menjadi faktor kunci menjadi pecandu narkoba. Manusia yang taat beragama pasti akan menjauhi dari segala apa yang dilarang oleh Allah SWT. Tidak mungkin akan mengulurkan tangannya pada barang haram yaitu narkoba, baik membeli, mengedarkan maupun menyelundupkannya.

1.2                                   Rumusan Masalah

  • a.       Apa yang dimaksud dengan narkoba ?
  • b.      Apa jenis-jenis dan macam-macam narkoba ?
  • c.       Apa penyebab seseorang menjadi pecandu narkoba ?
  • d.      Bagaimana tingkat narkoba di Indonesia ?
  • e.       Apa dampak dari menggunakan narkoba ?
  • f.       Bagaimana cara mengatasi pecandu narkoba ?
  • g.      Apa upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan narkoba ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar