Minggu, 26 Maret 2017

Review Jurnal No. 1 (Akuntansi Internasional)


Nama Jurnal
Jurnal Ekonomika
Volume / Halaman
Vol. 5 No. 2 / 59–63
Nama Penulis
Donny Susilo
Judul Jurnal
Pengaruh International Financial Reporting Standart (IFRS) terhadap Akuisisi Perusahaan Asuransi Asing di Indonesia
Tanggal Jurnal
Desember 2012
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui alasan dari banyaknya perusahaan asing asuransi yang berbondong-bondong datang melakukan investasi asing besar-besaran di Indonesia pada tahun 2010.
Variabel Penelitian
Variabel bebas: International Financial Reporting Standart (IFRS)
Variabel terikat: Akuisisi Perusahaan Asuransi Asing di Indonesia
Hasil Penelitian
Dengan adanya IFRS, akan dapat meningkatkan investasi asing di Indonesia. Hal ini akan dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dan bahkan juga penerimaan pajaknya. IFRS akan menjadi angin segar bagi pertumbuhan investasi asing di Indonesia khususnya jika investasi itu dilakukan lewat cara merger dan akuisisi.
Kesimpulan
Dari hasil penelitian ditemukan kesimpulan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut tertarik untuk melakukan akuisisi karena Indonesia masih akan dan belum menerapkan IFRS sehingga nilai akuisisi murah karena kewajiban perhitungan dengan asas nilai wajar seperti yang ditetapkan oleh IFRS belum diberlakukan, sedangkan pada 2012, IFRS sudah akan diterapkan sehingga perusahaan asing tidak mengalamai kesulitan karena adanya kesamaan standar akuntansi di induk dan anak perusahaan. Pemerintah menyambut baik akuisisi asing dan penerapan IFRS karena selain mengembangkan usaha di Indonesia, juga dapat memaksimalkan penerimaan pajak karena di IFRS metode penyatuan kepentingan (pooling of interest) sudah dihilangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar