Senin, 29 Mei 2017

Review Jurnal No. 4 (Akuntansi Komparatif Amerika dan Asia)

Nama Jurnal

E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Volume / Halaman
Vol 6 / 274-286

Nama Penulis
Ni Kadek Intan Nuariyanti dan Ni Made Adi Erawati

Judul Jurnal
Analisis Komparatif Kinerja Perusahaan Sebelum dan Sesudah Konversi ke IFRS

Tanggal Jurnal
2014

Tujuan Penelitian
Untuk menganalisis perbedaan kinerja perusahaan sebelum dan sesudah konversi ke IFRS. 

Metode Penelitian  
Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berupa laporan keuangan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, dengan pengumpulan data sekunder melalui situs resmi Bursa efek Indonesia yaitu www.idx.co.id atau metode observasi nonpartisipan. Populasi dalam penelitian ini sektor perbankan yang go public. Sementara sampel dalam penelitian ini adalah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh yaitu teknik sampling bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.  Untuk mengetahui persentase bobot nilai rasio-rasio keuangan dapat menggunakan acuan sesuai dengan standar ketentuan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia namun, dengan
memilih beberapa rasio yang dipengaruhi oleh penerapan IFRS antara lain sebagai berikut:
       ·         Rasio likuiditas
       ·         Rasio rentabilitas
      ·         Rasio solvabilitas

Variabel Penelitian
Kinerja perusahaan sebagai  variabel terikat (Y) dan konversi ke IFRS sebagai variabel bebas (X)

Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil komparasi rasio keuangan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk antara periode sebelum konversi IFRS (2002-2006) dengan periode setelah konversi IFRS (2008-2012) memiliki perbandingan dinilai dengan perhitungan rasio-rasio keuangan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal pokok yang diatur atau disebabkan oleh penerapan konversi IFRS yaitu:
·         Penilaian dan pengukuran assets.
·         Pengakuan biaya research and development.

Kesimpulan Penelitian
Berdasarkan hasil perhitungan maupun hasil komparasi rasio keuangan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk sebelum konversi IFRS dengan periode setelah konversi IFRS diperoleh simpulan sebagai berikut: Terdapat perbedaan kinerja bank Mandiri yang dinilai dari Loan to Assets ratio, Return on Assets serta Debt to Equity Ratio antara periode sebelum konversi IFRS dengan periode setelah konversi IFRS. Perbedaan kinerja antara periode sebelum konversi IFRS dengan periode setelah konversi IFRS disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut: penerapan prinsip penilaian assets yang menggunakan basis fair value atau nilai wajar untuk periode setelah konversi IFRS, metode pengakuan biaya research an development yang tidak lagi dikapitalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar