Rabu, 26 April 2017

Review Jurnal No.5 (Pelaporan dan Pengungkapan)


Nama Jurnal
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia
Volume / Halaman
Vol. 3, No. 2 / Hal 239 - 260
Nama Penulis
Intan Herlina Oktaviani dan Dwi Martani
Judul Jurnal
Analisis Pengungkapan Laporan Keungan Perusahan Pembiayaan
Tanggal Jurnal
Desember, 2006
Tujuan Penelitian
Untuk memberikan bukti empiris tentang pengungkapan laporan keuangan dari perusahaan pembiayaan dan faktor-faktor yang menentukan tingkat pengungkapan.
Variabel Penelitian
Variabel dependen : tingkat pengungkapan yaitu tingkat pengungkapan informasi pada laporan keuangan perusahaan pembiayaan.
Variabel independen : Status, Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan, Tingkat profitabilitas.
Hasil Penelitian
Hasil menunjukkan bahwa tingkat pengungkapan perusahaan pembiayaan sebesar 78,35% pada tahun 2004. Ada peningkatan sekitar 1,21% dibandingkan dengan tingkat pengungkapan pada tahun 2003. Ada perbedaan yang signifikan pada tingkat pembiayaan antara status perusahaan dan ukuran perusahaan namun tidak ada perbedaan yang signifikan antara ukuran auditor.
Kesimpulan
1. Rata-rata tingkat pengungkapan atas informasi pada laporan keuangan perusahaan pembiayaan adalah 78,35%. Pada tahun 2004 terjadi peningkatan rata-rata tingkat pengungkapan sebesar 1,21% dari tahun sebelumnya.
2. Terdapat perbedaan rata-rata tingkat pengungkapan laporan keuangan pada kelompok berdasarkan status perusahaan, total aset perusahaan dan tingkat profitabilitas. Tidak terdapat perbedaan rata-rata tingkat pengungkapan laporan keuangan pada kelompok berdasarkan ukuran KAP.
3. Faktor status perusahaan, ukuran KAP, ukuran perusahaan dan tingkat profitabilitas secara bersama-sama mempengaruhi secara signifikan tingkat pengungkapan pada laporan keuangan. Pengaruh keempat faktor tersebut cukup dominan dengan R-square sebesar 38%. Hal ini dikarenakan faktor status perusahaan dan total aset memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar