Sabtu, 29 April 2017

Review Jurnal No. 7 (Pelaporan Keuangan dan Perubahan Harga)


Nama Jurnal
Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil   
Volume / Halaman
Vol.5 128 No.16/122-135
Nama Penulis
Andreani Caroline Barus
Judul Jurnal
Analisis Faktor - faktor yang Mempengaruhi Peristensi Laba Pada Perusahaan Manufaktur di BEI
Tanggal Jurnal
Juni 2015
Tujuan Penelian
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh aliran kas operasi, perbedaan antara laba akuntansi dengan laba fiskal, dan tingkat hutang secara simultan maupun parsial terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2009 sampai 2011.
Metode Penelitian
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 sampai 2011. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 58 perusahaan yang akan dijadikan sebagai sampel penelitian.
Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, aliran kas operasi, perbedaan antara laba akuntansi dengan laba fiskal dan tingkat hutang berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 sampai 2011. Namun secara parsial, hanya aliran kas operasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persistensi laba, sedangkan perbedaaan antara laba akuntansi dengan laba fiskal dan tingkat hutang tidak berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2011. 
Kesimpulan
Setelah dilakukan analisis dan pengujian hipotesis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: variabel aliran kas operasi, perbedaan antara laba akuntansi dengan laba fiskal dan tingkat hutang secara simultan berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2009-2011, variabel aliran kas operasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2009-2011, variabel perbedaan antara laba akuntansi dengan laba fiskal dan variabel tingkat hutang secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2009-2011 dan berdasarkan hasil koefisien determinasi yang  dilihat dari nilai Adjusted R2, aliran kas operasi, perbedaan antara laba akuntansi dengan laba fiskal dan tingkat hutang mempengaruhi persistensi laba sebesar 0,466 atau 46,6%. Sedangkan sisanya 0,534 atau 53,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar