Sabtu, 16 November 2013

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa



Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa
Menjadi seorang pengusaha bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kalangan mahasiswa yang memiliki modal cukup terbatas. Kreativitas yang mahasiswa miliki serta luasnya pengetahuan yang didapatkannya di bangku perkuliahan, menjadi bekal mahasiswa untuk menyiasati minimnya modal usaha yang mereka miliki.
Keinginan untuk terjun di dunia usaha memang cukup sering ditemui dalam diri anak muda, terutama bagi mereka yang berstatus sebagai mahasiswa. Meski untuk bisa menekuni bisnis sampingan di sela-sela jam perkuliahan tidaklah semudah teori yang dikatakan, namun semangat entrepreneur yang tertanam dalam dirinya cukup membantu mereka untuk menghadapi segala kendala usaha dengan mudah. Banyak sekali usaha yang bagus untuk mahasiswa yang patut dicoba. Tetapi banyak sekali mahasiswa yang tidak berani untuk menjalankan usaha tersebut.
Oke, bagi mahasiswa yang mencari contoh usaha yang bagus untuk dijalankan, berikut contoh-contohnya:
1.      Bisnis Pulsa ; Ponsel sudah menjadi barang yang wajib bagi siapapun. Di lingkungan kampus, berbisnis pulsa adalah salah satu contoh bisnis modal kecil untuk mahasiswa. Intensitas penggunaan ponsel oleh mahasiswa sangat tinggi. Mereka membutuhkan pulsa untuk menggunakan ponsel, dan itu artinya adalah peluang bisnis yang baik.
2.      Reseller ; Keuntungan menjadi reseller adalah kita tidak perlu pusing memikirkan produksi. Dan menjadi reseller pun hanya membutuhkan modal yang relatif kecil walaupun margin keuntungan yang didapat rata-rata hanya 20% dari harga jual. Menjadi reseller cocok sebagai bisnis sampingan mahasiswa dengan catatan produk yang dijual sesuai dengan target pasar lingkungan kampus. Cemilan, kaos, tas, dan perlengkapan kuliah adalah contoh produk yang cocok untuk lingkungan tersebut.
3.      Konveksi Kaos dan Jaket ; Kaos dan jaket adalah 2 pakaian yang sering digunakan sebagai identitas organisasi atau angkatan mahasiswa. Hal tersebut berlaku hampir di semua kampus. Bisnis konveksi membutuhkan modal yang relatif besar, karena itu disarankan untuk mencari rekanan yang memiliki mesin konveksi atau sablon. Tawarkan kerja sama kepada mereka dengan sistem bagi hasil.
4.      Desain Grafis ; Desain grafis untuk poster, flyer, dan spanduk adalah contoh lain peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Perlu sedikit kemampuan teknis untuk menjalankan bisnis ini. Kekurangan bisnis ini adalah membutuhkan waktu untuk belajar jika belum punya kemampuan dalam melakukan desain. Jalan pintas untuk memulai adalah dengan menggandeng teman sesama mahasiswa yang jago desain dan tawarkan bagi hasil sebagai bentuk kerja samanya. 
5.      Usaha Warung Makan ; Rata-rata mahasiswa adalah anak kost. Dan setiap mahasiswa itu butuh makan. Dan kebutuhan untuk makan tidak hanya satu kali atau dua kali dalam sehari tetapi tiga kali sehari. Sehingga  warung makan merupakan usaha yang paling menjanjikan.
Untuk itu, bila memang ingin berwirausaha, usaha ini sangat cocok untuk dijalankan. Terlebih lagi, bagi mahasiswa jurusan Tata Boga. Jika bukan mahasiswa jurusan Tata Boga, anda dapat mencari tukang masak. Untuk pelayannya, dapat menggunakan jasa teman-teman sendiri.

6.       Mengadakan Les Privat ; Les privat adalah salah satu peluang usaha untuk mahasiswa yang paling simple. Karena tidak memerlukan peralatan yang banyak dan ribet. Bahkan usaha ini bisa dilakukan tanpa modal sedikit pun. Hanya saja perlu keahlian khusus.
Misalnya ingin mengadakan les privat pada pelajaran bahasa inggris untuk anak SD dan SMP. Maka harus ahli bahasa inggris terlebih dahulu. Namun, keahlian ini bisa saja dilatih, asalkan ada kemauan.

7.       Kerja Online di Internet ; Kerja online adalah peluang usaha yang cocok untuk siapa saja, baik untuk seorang pekerja kantoran yang sibuk, PNS, ibu rumah tangga ataupun untuk mahasiswa. Ini di karenakan kerja online adalah pekerjaan simple dan cukup dikerjakan di rumah saja, sehingga sering disebut dengan usaha rumahan.
Modal yang diperlukan adalah laptop dan koneksi internet. Pada jaman sekarang laptop dan koneksi internet itu bisa dipastikan sudah dimiliki oleh mahasiswa.

8.      Jasa Pengetikan ; Jika mempunyai keahlian dalam urusan mengetik, bisa membuka jasa pengetikan. Sasarannya bisa untuk mahasiswa lainnya yang sangat sibuk, tidak punya komputer, atau mungkin ada yang malas untuk mengetik. Sehingga memerlukan jasa pengetikan.
Modal yang diperlukan adalah komputer atau laptop dan keahlian mengetik. Kekurangan dari usaha ini adalah harus menyediakan cukup banyak waktu untuk menyelesaikan pesanan.

 Sumber :
*tulisan 1 softskill pengantar bisnis"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar